Deskripsi

Food & Beverage Service Training – Bisnis makanan dan minuman adalah bisnis yang menjanjikan. Dari tahun ke tahun, bisnis ini semakin berkembang. Hal ini dapat kita buktikan dari banyaknya masyarakat yang membuka bisnis ini maupun munculnya berbagai macam variasi baru dari makanan dan minuman tersebut.
Tidak sampai disana, kesadaran akan bisnis ini tidak hanya pada produknya, tapi juga jasa yang ditawarkan. Jasa melayani, jasa menyajikan, jasa menyambut calon konsumen, jasa menyediakan tempat yang nyaman, dan lain sebagainya. Jasa ini disebut Food and Beverage Service. Tujuan dari Food and Beverage Service adalah untuk mewujudkan kepuasan pelanggan atas makanan dan minuman yang dijual atau disajikan.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut, kami mengadakan pelatihan Food and Beverage Service ini. Pelatihan ini adalah pelatihan yang memberikan pengetahuan dan mengajarkan skil/keahlian kepada seseorang, agar dapat melayani penyajian makanan dan minuman mereka, sehingga bisa menjadi pelayanan makanan dan minuman yang baik kepada tamu, dengan standar keahlian waiters hotel berbintang. Pelatihan ini sangat cocok bagi perusahaan Food And Beverage Service agar dapat memaksimalkan pelayanan yang akan diberikan kepada konsumen sehingga tidak kalah oleh pelayanan yang diberikan pesaing/kompetitor.

 

Materi

  • Table Set Up
  • Holding Napkin
  • SOP in Restaurant
  • Personal Grooming and Hygiene
  • Table Service
  • Plate Service
  • Buffet Service
  • Elaborate Table Set Up
  • Tray Service
  • Food and Beverage Service Department
  • Personality of Waiters
  • Restaurant Knowledge
  • Relations between F&B Service and Other Department.
  • Tools and Equipment of F&B Service
  • How to handle aglass, plate and cutlery
  • How to polish glass, plate and cutlery
  • Service Knowledge and Technique
  • How to carrying Plate
  • Room Service Operation
  • Sequence of Service
  • Banquet Operation
  • How to serve Table Manner

 

Metode

  • Penyampaian Materi Secara Teori Oleh Instruktur Pelatihan.
  • Penyampaian Materi Secara Praktek Oleh Instruktur Pelatihan 
  • Pemberian Tes/Evaluasi.
  • Ice Breaking
  • Fun Games 
  • Diskusi
  • Tanya Jawab
  • Role Play

 

Fasilitas 

  • CD Materi.
  • Sertifikat Pelatihan.
  • Trainer Berpengalaman.
  • Lunch 
  • Snackbox 
  • Dokumentasi 

 

Tujuan 

Pelatihan ini bertujuan untuk membuat peserta memiliki pengetahuan tentang Food And Beverage Service dan dapat menjadi seorang waiters yang profesional sesuai standar hotel berbintang.

 

Target Peserta

Perusahaan yang ingin membuat karyawannya dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli makanan dan minuman. Target lainnya adalah perorangan yang ingin memiliki skill menjadi seorang waiters dengan standar hotel berbintang.
 

Apa yang perlu dipersiapkan?

Tidak ada yang harus diperlukan untuk training offline selain ketersediaan ruangan, kursi, dan papan tulis putih atau kain putih untuk menampilkan presentasi melalui infokus. Selain dari hal tersebut, sifatnya hanya pelengkap seperti catatan, laptop, pensil, pulpen dan lain sebagainya.
Untuk praktek, diperlukan berbagai peralatan praktek seperti piring, gelas, round table dan lain sebagaimana. Tapi BHI Training Center akan menyediakan sesuai peralatan yang kami miliki.

 

Durasi 

Untuk semua materi di atas, durasi pelatihannya adalah 14 (empat belas) jam. Dan untuk durasi minimal yang harus diikuti oleh peserta pada satu pelatihan adalah 6 jam/hari.

 

Jadwal Pelatihan

Jadwal pelatihan disesuaikan dengan kesepakatan antara klien dan BHI Training Center.

 

Pengajar

Ibu Tatik Sriwulandari, S.Tr. Par., M.M

Tatik Sriwulandari, S.Tr. Par., M.M bergabung dengan BHI Training Center sejak tahun 2013. Tatik merupakan seorang profesional di bidang Food and Beverage Service yang telah pernah bekerja di berbagai hotel berbintang, seperti Hotel Borobudur Inter-Continental Hotel Jakarta, Shangri-La Hotel Surabaya, dan Hyatt Regency Hotel Bandung. Alumni lulusan S2 Management Pariwisata ini, merupakan pengajar di Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor. Selain itu, beliau juga berpengalaman dalam memberikan pelatihan-pelatihan dan seminar. Pengalaman tersebut membuatnya memiliki cara-cara yang efektif yang bisa membuat pelatihan terasa lebih bersemangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments

Usman March 13, 2020 at 5:18 am

Terima kasih kemaren trainingnya bagus dan bermanfaat 🙂

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai chat
Haloo..adakah yang bisa kami bantu ?
Haloo, ada yang bisa kami bantu?