Deskripsi 

Pelatihan Housekeeping merupakan pelatihan yang akan memberikan pengetahuan mengenai cara memberikan pelayanan terbaik kepada tamu yang akan menginap di penginapan atau hotel, dengan cara menjaga, merawat, membersihkan, serta memelihara ruangan-ruangan hotel.
Pelatihan ini tidak hanya berfokus pada ruangan kamar, tapi juga ruangan yang berada di luar kamar, seperti area parkir, taman, kolam renang, tennis court, arcade, drugstore, bank, money changer, travel agent, beauty salon, barber shop, meeting room, restaurant, dan lain-lain. Belum lagi ruangan-ruangan operasional hotel seperti ruang loker, ruang linen, hingga lobby dan lain-lain.
Semua yang berhubungan dengan housekeeping akan di ajarkan dalam pelatihan ini. Baik itu room attendant, laundry, maupun public area.

 

Materi:

  • Housekeeping Terminology (1 JP)
  • Part And Function Of Housekeeping (1 JP)
  • Organization Structure (1 JP)
  • Job Description And Responsibility Of Each Position (1 JP)
  • Work Relation Between Internal Housekeeping Unit And Other Departments (1 JP)
  • Knowledge About Tools And Cleaning Substances (2 JP)
  • Variety Of Floors And Treatment (1 JP)
  • Guest Room And Public Space Cleaning Technique (2 JP)
  • Role And Fu nction Of Laundry (2 JP)
  • Knowledge Of Cleaning Tools And Substances In Laundry (2 JP)
  • Types Of Cloth And Treatment (1 JP)
  • Chemicals Knowledge (2 JP)
  • Storage (1 JP)
  • Making Bed (3 JP)

 

Metode

  • Penyampaian Materi Secara Teori Oleh Instruktur Pelatihan.
  • Penyampaian Materi Secara Praktek Oleh Instruktur Pelatihan.
  • Pemberian Tes/Evaluasi.
  • Ice Breaking
  • Fun Games
  • Tanya Jawab
  • Role Play

 

Fasilitas Pelatihan

  • CD Materi.
  • Sertifikat Pelatihan.
  • Trainer Berpengalaman.
  • Lunch
  • Snackbox

 

Tujuan 

Pelatihan ini bertujuan untuk membuat peserta memiliki kemapuan housekeeping dengan standar hotel berbintang.

 

Target Peserta

Perusahaan yang ingin membuat karyawannya dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam memberikan pelayanan kebersihan ruangan dan perusahaan yang tidak ingin mengeluarkan pengeluaran yang tidak semestinya dengan membeli fasilitas baru dikarenakan fasilitas yang lama rusak karena perawatan yang kurang baik.

 

Apa yang perlu dipersiapkan?

Tidak ada yang harus diperlukan untuk training offline selain ketersediaan ruangan, kursi, dan papan tulis putih atau kain putih untuk menampilkan presentasi melalui infokus. Selain dari hal tersebut, sifatnya hanya pelengkap seperti catatan, laptop, pensil, pulpen dan lain sebagainya.

 

Durasi

Untuk semua materi di atas, durasi pelatihannya adalah 20 jam. Dan untuk durasi minimal yang harus diikuti oleh peserta pada satu pelatihan adalah 6 jam/hari.

 

Jadwal

Jadwal pelatihan disesuaikan dengan kesepakatan antara klien dan BHI Training Center.

 

Pengajar

Ibu Diah Renata Anggraeni, S.Tr.Par., MM.

Ibu Diah merupakan seorang profesional di bidang hospitality yang sudah malang melintang di dunia hospitality. Ibu Diah pernah bekerja di Sparks Hotel Jakarta, Hotel Borobudur Jakarta, The Regent Jakarta, dan Apollo Hotel Singapore. Saat ini Ibu Diah aktif sebagai pengajar di Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor dan juga aktif di berbagai program pelatihan di bidang hospitality, salah satunya adalah Housekeeping Training. Pengalamannya dalam memberikan materi dan pelatihan ini sudah di mulai dari tahun 2007 dan hal ini membuat Ibu Diah sudah sangat mengerti dan paham cara memberikan materi dengan cara-cara yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai chat
Haloo..adakah yang bisa kami bantu ?
Haloo, ada yang bisa kami bantu?